Mengulik Sejarah Arung Jeram

Arung jeram adalah salah satu olahraga yang cukup menarik untuk dilakukan.Olahraga yang satu ini bahkan sudah banyak dijadikan sebagai wisata. Anda mungkin hanya mengetahui sedikit mengenai olahraga yang menantang adrenalin ini.Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai sejarah olahraga arung jeram atau yang biasa disebut dengan rafting ini, berikut ini adalah seluk beluk mengenai rafting yang mungkin Anda belum mengetahui.

Arung jeram juga disebut dengan Olah Raga Arus Deras atau ORAD. Kegiatan mengarungi sungai yang satu ini termasuk kedalam salah satu jenis olahraga karena memiliki unsur olahraga juga terdapat unsur petualangan yang seru juga menantang.

Olahraga yang juga masuk kedalam sektor pariwisata ini diperkenalkan pertama kali oleh Mayor John Wesley Powell. John Powell juga disebut sebagai bapak arung jeram dunia.Beliau memperkenalkan arung jeram untuk pertama kalinya dengan menyusuri sebuah sungai Colorado yang memiliki panjang sejauh 250 mil.

Dalam melewati sungai tersebut, John Powell melintasi berbagai macam gugusan tebing yang cukup indah yang saat ini dikenal denagn Grand Canyon. Saat melakukan petualangan tersebut, John Powell menggunakan sebuah perahu yang disusun dan terbuat dari kayu.

grand canyon

Kemudian, pada perkembangannya, arung jeram mulai merambah ke benua-benua besar seperti Amerika dan Eropa. Bahkan dalam perkembangan di benua-benua tersebut dilakukan oleh suku Indian yang ada di Canada.Orang-orang dari suku Indian merakit batang-batang kayu yang dijadikan sebagai salah satu alat transportasi air.

Sehingga muncul sebuah istilah Out Canoe atau Progue yang merupakan istilah rakit atau perahu dari kayu. Kemudian, sejarah tersebut masih berkembang dengan adanya perahu kayu yang dilapisi dengan kulit binatang yang dinamakan dengan Skin Corveal Craft. Perahu ini dikembangkan oleh orang-orang Eskimo pada jaman tersebut.

Out Canoe atau Progue

Kemudian berlanjut pada abad ke 19 Mc Greegor seorang boy scout yang menyulap transportasi air seadanya ini menjadi salah satu olahraga air serta sarana rekreasi dengan mengembangkan perahu kayu menjadi perahu yang terbuat dari plastik, alumunium, karet, serta fiberglass.

Baca juga  6 Tips Arung Jeram atau Rafting yang Wajib Anda Ketahui

Dengan berkembangnya olahraga arung jeram ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tempat untuk melakukan olahraga ini cukup banyak.

Sejarah arung jeram di Indonesia di mulai pada tahun 1975 yang dilakukan oleh sekelompok pecinta alam dengan mengadakan Citarum Rally. Pada awal perkembangannya, para petualang mengadakan ekspedisi dengan melintasi sungai Mahakam serta Sungai Barito.

sungai mahakam

sungai barito

Kemudian disusul dengan melakukan ekspedisi lanjutan di Sungai Alas.Bahkan saat ini tidak sedikit rafting di Indonesia dibuka pada sektor pariwisata. Seperti misalnya pada arung jeram atau rafting di Magelang Jawa Tengah.

Bahkan awalmula arung jeram di Indonesia yang dilakukan dengan berbagai macam ekspedisi menjadi lebih menarik lagi dengan adanya kualitas akan peralatan yang digunakan semakin meningkat. Seperti menggunakan perahu serta peralatan rafting berupa perahu LCR Tentara, perahu ban dalam, hingga berbagai macam perahu yang memiliki kualitas bagus.

Sungai-sungai yang diarungi juga semakin banyak seperti sungai Citarik, Cimandiri, Citatih, serta berbagai macam sungai yang ada di Jawa Barat. Selain masuk menjadi salah satu sektor pariwisata, olahraga highrisk arung jeram juga diadakan sebagai kejuaraan nasional. Kejuaraan nasional arung jeram ini diadakan di Indonesia pada tahun 1994.

Sungai yang digunakan untuk kejuaraan tersebut yaitu sungai Ayung, yang ada di Ubud, Bali. Saat ini, wisata arung jeram sudah banyak ditemui di beberapa tempat mulai dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Bali.

>> AYO BURUAN BER-ARUNG JERAM BERSAMA ADVENTURE TRIP RAFTING DI MAGELANG<<<

Whatsapp : 0813.8230.2486 Mr. Gunawan Prasetyo A.Md

IG : @arungjerammagelang.official

 www.facebook.com/arungjerammagelang.official

www.twitter.com/RaftingTrip 

www.arungjerammagelangofficial.wordpress.com

www.hargaarungjerammagelang.wordpress.com

 www.paketarungjeramsungaielo.blogspot.com

 adventure.trip.rafting@gmail.com


© 2018 Adventure Trip Rafting

Tinggalkan komentar